Jurnal Haji terkini

Jurnal Haji Biro penyelenggara dan pelayanan Travel Haji Khusus/Plus kuota Depag Ri dan Umrah dengan biaya-harga murah Online di Jakarta Rahmatan Lilalamin Primasaidah PT.Happy prima Wisata menerima pendaftaran Haji ONH Plus dan Umrah Reguler, Umrah Khusus bersama mamah dedeh - Ust.Jefri Al-Bukhari (UJE) dan Umrah Plus Kairo Dubai turki/Istanbul Eropa. Tersedia Paket Umrah Rombongan bersama Keluarga, perusahaan, hadiah Umrah orangtua dan Umrah Nikah di Mekah.

Travel Haji Plus
Paket Umroh Bulan Desember 2015
| Biro Penyelenggara Travel umrah Umroh terbaik dengan paket umroh desember akhir tahun promo murah langsung madinah dan memberikan informasi mengenai badal haji biaya haji biaya umroh daftar haji daftar umrah daftar umroh.

Daftra tumggu haji reguler 2026 haji plus 2017

Pemberangkatan jamaah haji periode 2012 tidak mengurangi panjang antrean secara signifikan. Saat ini tercatat masih ada 1.726.786 calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu atau waiting list. Kementerian Agama (Kemenag) terus mencari siasat untuk mengatasi penumpukan ini.    

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Bahrul Hayat di Jakarta kemarin (20/12) mengatakan, memang benar pihaknya akan mengatur potensi penumpukan masyarakat pendaftar ibadah haji. Khususnya untuk jamaah haji reguler. "Sekarang antri sudah banyak. Harus dicarikan pengaturan yang tepat," kata Bahrul.    

Di antara pengaturan yang sedang digodok adalah menaikkan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah mematok setoran awal BPIH sebesar Rp 25 juta per jamaah. Rencanya, setoran awal BPIH ini akan dinaikkan menjadi Rp 30 juta per jamaah.    

"Memang ada rencana itu (menaikkan setoran awal BPIH, red). Tapi belum diputuskan akan diterapkan mulai kapan," tandas mantan juru bicara Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) itu. Aturan baru tentang besaran setoran awal ini masih dikaji terus di internal Kemenag. Termasuk juga dikomunikasi dulu dengan Komisi VIII DPR yang membidangi urusan ini.    

Kemenag mencatat jika saat ini sudah ada 1,7 juta lebih masyarakat yang masuk dalam daftar tunggu haji reguler. Dengan kuota tetap haji reguler sebesar 194 ribu, maka panjang antrean nasional selama 9 tahun. Rekor panjang antrean haji masih dipegang Provinsi Sulawesi Selatan yakni 14 tahun. Kemudian disusul Provinsi Kalimantan Selatan sepanjang 13 tahun.    

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu telah menginventaris sejumlah perombakan untuk mengembangkan pelayanan urusan haji.

"Kita sudah mengagendakan program unggulan untuk diterapkan mulai tahun ini hingga 2014 nanti," ujar Anggito dalam forum International Conference on Hajj and Umrah di Jakarta.    

Untuk urusan antrean haji, pengembangan yang akan dilakukan Kemenag adalah memberikan kepastian dan keadilan berdasarkan prinsip first come first served. Dengan model ini, tidak ada lagi memesan kursi haji dengan sistem saling serobot atau menggunakan jasa "calo" kursi haji. Entah itu oleh orang luar maupun dalam internal Kemenag. "Kita juga terus meminta kuota tambahan haji," katanya.

Menurut Anggito, penambahan kuota pokok haji untuk Indonesia bisa menekan laju percepatan antrean haji. Mereka menganalisa jika saat ini muncul tren meningkatnya orang Islam yang semakin mampu membayar setoran awal BPIH.    

Perombangkan sistem berikutnya terkait dengan optimalisasi pengelolaan dana haji. Anggito mengatakan jika saat ini banyak dana setoran awal BPIH yang dikelola di bank konvensional. "Secara bertahap, akan kita alihkan dengan metode lelang ke bank syariah," kata dia.

Persoalan krusial berikutnya tentang dana haji menurut Anggito adalah, perhitungan manfaat dana setoran awal tidak dapat terdeteksi. Anggito mengatakan jika sampai sekarang Kemenag sedang membuat formulasi model perhitungan dan nilai manfaat dana setoran awal haji. (wan/ca)
      

Sepuluh Besar Antrean Haji Reguler


Provinsi                                  Pendaftar     Kuota     Masa Tunggu
Sulawesi Selatan                  100.917          7.221    14 tahun
Kalimantan Selatan                51.407          3.811    13 tahun
Nangroe Aceh Darussalam   46.843            3.924    12 Tahun
Kalimantan Tengah                15.318          1.349    11 tahun
Jambi                                     28.977            2.634    11 tahun
Kalimantan Timur                   31.011          2.819    11 tahun
D.I. Yogyakarta                      33.143          3.061       11 tahun
Jawa Timur                             358.962        34.165    11 tahun
Bangka Belitung                      9.538           913       10 tahun
Nusat Tenggara Barat              46.341         4.494    10 tahun

Keterangan:
- Total pendaftar : 1.726.786
- Total kuota haji reguler : 194.000
- Rata-rata masa tunggu : 9 tahunan
- Data rekapitulasi setelah musim haji 2012 tuntas awal bulan ini.

Sumber: Ditjen Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag)
Pendaftran haji plus kuota depag di travel haji plus dan umrah primasaidah walaupun sekarang waiting list nya sudah sampai 2017 tapi berangkatnya lebih cepat daripada daftar haji reguler ... 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel haji / curhat Haji umrah / Informasi Haji dengan judul Daftra tumggu haji reguler 2026 haji plus 2017 . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://jurnal-haji.blogspot.com/2013/02/daftra-tumggu-haji-reguler-2026-haji.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 13 Februari 2013

1 Komentar untuk "Daftra tumggu haji reguler 2026 haji plus 2017 "

  1. Syukron...info ini sangat membantu masyarakat yang masih awam tentang penyelenggaraan ibadah haji RI, seperti saya...

    BalasHapus